7 September 2023 2:23 pm

5 Cara Sederhana Menjadi Anak Berbakti

Berbakti kepada orang tua adalah kewajiban setiap anak. Hal ini sudah diajarkan sejak kita masih kecil.

Orang tua telah merawat dan membesarkan kita dengan penuh kasih sayang, sehingga kita harus membalas kebaikan mereka dengan cara berbakti.

Berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan dengan cara-cara yang besar dan terlihat.

Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan bakti kita kepada orang tua. Berikut adalah 4 cara menjadi anak berbakti:

1. Mendengarkan dan menaati perintah orang tua


Salah satu cara berbakti kepada orang tua adalah dengan mendengarkan dan menaati perintah mereka. Jika orang tua menyuruh kita untuk melakukan sesuatu yang baik, kita harus menurutinya dengan senang hati.

Kita tidak boleh membantah atau menolak perintah orang tua, kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan perintah Allah SWT.




2. Berbicara dengan sopan dan lembut


Berbicara dengan sopan dan lembut adalah salah satu bentuk penghormatan kepada orang tua. Kita harus selalu menggunakan bahasa yang baik dan santun saat berbicara dengan orang tua, baik di dalam maupun di luar rumah.

Kita juga harus menghindari menggunakan kata-kata yang kasar atau menyakitkan.


3. Membantu pekerjaan rumah


Membantu pekerjaan rumah adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita peduli kepada orang tua. Kita bisa membantu orang tua mencuci piring, menyapu, mengepel, atau memasak. Kita juga bisa membantu orang tua mengurus adik-adik kita.




4. Mendoakan orang tua


Mendoakan orang tua adalah salah satu cara berbakti yang paling utama. Kita bisa mendoakan orang tua setiap hari, baik dalam hati maupun dengan lisan.

Kita juga bisa mendoakan orang tua di waktu-waktu yang mustajab, seperti saat sholat, saat sujud, atau saat membaca Al-Qur'an.

5. Berwakaf atas nama mereka


Dalam islam, kita bisa beramal atas nama orangtua dan mengirimkan pahalanya untuk mereka. bayangkan betapa bahagianya mereka ketika mendapatkan kiriman pahala dari anaknya sendiri

Apalagi jika wakaf tersebut adalah wakaf al quran, setiap huruf yang dibaca pasti akan mengalirkan pahala untuk mereka


Itulah 5 cara menjadi anak berbakti. Semoga kita semua dapat menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, baik dalam perkataan, perbuatan, maupun doa.


Blog Post Lainnya
Rumah Yatim Bahagia Yababerma
Jl. Bali Gg Telerama No. 13 Kel Antasan Besar Kec Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan
0812-5790-5715
Rumahyatimbahagia@gmail.com
Rekening Donasi :
@2024 Lembaga Filantropi Indonesia Inc.