28 Maret 2022 11:48 am

Golongan Yang Lemah Ini Ternyata Bisa Membawa Kita Ke Surga, Siapakah Mereka?

Apakah Anda mau pahala dan keberkahan yang berlimpah dalam hidup ini? Apakah Anda mau bisa masuk ke surga Allah di hari pembalasan kelak? Jika mau, silahkan Anda baca artikel ini.

Ibadah dan tolong menolong dalam kebaikan merupakan ajaran penting dalam Islam. Selain sholat dan ibadah wajib lainnya serta berbagai macam sunnah, tolong menolong dalam kebaikan sangat ditekankan dalam Islam. Mengapa demikian? Karena Islam adalah agama Allah yang mengajarkan kasih sayang dan rahmat untuk seluruh alam. Jadi wajar saja jika semua muslimin dan muslimah harus bisa bersikap peduli dan lemah lembut kepada sesama.

Tetapi apakah Anda tahu kalau ada salah satu golongan yang lemah di antara umat manusia yang benar-benar butuh bantuan kita? Terlebih lagi jika kita membantu mereka, ada banyak sekali pahala dan keberkahan yang Allah janjikan untuk yang membantu mereka.

Belum lagi menolong golongan lemah tersebut dapat menjadi faktor pertimbangan bagi Allah untuk memasukkan kita ke surga-Nya. Siapakah mereka? Mereka adalah anak-anak yatim.

Ya. Dengan menolong anak yatim, kita akan sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Mengapa demikian? Karena Allah adalah sang Maha Pengasih dan Penyayang. Jika kita mengamalkan sikap Allah tersebut yang juga merupakan ajaran Rasul, pasti kita semakin di cintai Allah dan Rasul-Nya.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam:

"Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni." (HR Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

Jelaslah sudah janji Allah untuk memasukkan hamba-hamba-Nya yang memelihara anak yatim ke dalam surga-Nya. Begitu pula ajaran Rasulullah untuk menyayangi dan memelihara anak yatim.

Jika kita melihat sejarah hidup Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam, kita dapat memahami bahwa beliau merupakan anak yatim di masa kecilnya. Jadi wajar saja jika beliau memahami perasaan mereka dan menyuruh kita untuk menyayangi anak-anak yatim.

Tumbuh besar tanpa sosok ayah saat melihat anak-anak yang lain belajar dan bermain bersama ayah-ayah mereka pasti sungguh menyakitkan. Di sisi lain, hal inilah yang menjadikan cukup banyak anak-anak yatim yang sulit diatur.

Ketiadaan sosok ayah menjadikan anak-anak yatim kurang mendapat bimbingan semasa kecil, sehingga mereka bisa jadi cukup bandel. Namun bandelnya mereka merupakan ujian berpahala besar bagi kita, dan kita juga bisa membimbing mereka untuk mendapat cinta Allah.

Terlebih lagi, sehubungan dengan tingkah laku anak yatim, memang kenakalan mereka bisa membuat kita marah dari waktu ke waktu. Tetapi kita harus ingat, mereka benar-benar dilindungi oleh Allah, sehingga kita harus sabar dalam membimbing mereka.

Jangan sampai kita berbuat sewenang-wenang terhadap anak yatim, apalagi sampai menyakiti mereka. Karena Allah melarang keras tindakan ini sesuai dengan ayat berikut:

“Adapun terhadap anak yatim, maka janganlah kamu berlaku sewenang-wenang.” (Adh-Dhuha: 9).

Jadi sudah jelas, bukan? Anak yatim tidak boleh diperlakukan secara sembarangan, apalagi sampai membuat mereka tersiksa dan menangis. Kita sebagai orang-orang yang tumbuh dengan orang tua harus bersyukur dan mencoba memahami perasaan mereka yang hidup tanpa bimbingan ayah.

Jadi mulai saat ini, ayo kita berbuat baik kepada mereka. Menyantuni dan mencintai mereka demi beribadah kepada Allah. Insya Allah dengan memudahkan dan membimbing anak-anak yatim, maka Allah akan memudahkan dan membimbing kita.

Ada banyak cara untuk menolong anak yatim. Kita bisa mencoba memberi mereka makanan dan minuman secara langsung, baik secara pribadi atau melalui perantara yayasan yang terpercaya.

Tetapi jika Anda sibuk, kami menyarankan Anda untuk mencari yayasan yang berizin dan telah dipercaya untuk mengurus banyak anak-anak yatim.

Kami merekomendasikan Anda untuk berdonasi ke Rumah Yatim Bahagia. Yayasan ini telah menolong banyak sekali anak-anak yatim di Kalimantan.

Tidak hanya itu, Rumah Yatim Bahagia juga menyalurkan wakaf Al-Qur’an ke ponpes-ponpes di pelosok Kalimantan yang kekurangan mushaf Al-Qur’an.

Jadi saat Anda ingin bersedekah untuk anak-anak yatim dan berwakaf Al-Qur’an untuk mendapatkan berkah dan pahala dari Allah, silahkan Anda berdonasi ke Rumah Yatim Bahagia. Insya Allah sedekah dan wakaf Anda pasti sampai ke anak-anak yatim dan para penghafal Al-Qur’an di Kalimantan.
Blog Post Lainnya
Rumah Yatim Bahagia Yababerma
Jl. Bali Gg Telerama No. 13 Kel Antasan Besar Kec Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan
0812-5790-5715
Rumahyatimbahagia@gmail.com
Rekening Donasi :
@2022 Lembaga Filantropi Indonesia Inc.