26 Maret 2022 11:10 am

Ternyata Amalan Ini Menjadikan Kita Dekat Dengan Rasulullah di Surga!

Sebagai umat Islam, maukah Anda mendapat tempat di surga sebagai tetangga Rasulullah? Maukah Anda mendapatkan cinta yang lebih banyak dari baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam? Kalau mau, berarti Anda perlu membaca artikel ini.

Mengikuti petunjuk Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

Bahkan untuk dapat memeluk Islam sebagai suatu keyakinan, seseorang harus bersyahadat, mengakui Allah sebagai satu-satunya Tuhan, dan Muhammad sebagai Nabi terakhir-Nya.

Oleh sebab itu, semua umat Islam ingin bisa masuk surga dengan mengejar Rahmat Allah dan mendapatkan syafaat Rasul-Nya.

Hal ini menjadikan umat Islam berlomba-lomba dalam menjalankan setiap ibadah yang diperintahkan Allah dalam Qur’an, dan juga melaksanakan sunnah yang diajarkan melalui hadits Rasulullah.

Umat Islam juga ingin bisa mengikuti setiap perintah Rasulullah yang mampu dijalankan sesuai kemampuan masing-masing.

Salah satu perintah Rasulullah yang mendatangkan pahala dan keberkahan paling banyak adalah menyantuni anak yatim.

Bukan hanya karena kita harus bersimpati kepada anak-anak yang tidak memiliki ayah, tapi karena Rasulullah juga pernah merasakan kehidupan masa kecil sebagai anak yatim.

Beliau benar-benar mengerti perasaan susahnya hidup sebagai anak yatim, dan sedihnya masa kecil tanpa ada seorang pun yang bisa Beliau panggil dengan sebutan ayah.

Rasulullah telah bersabda:

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian Beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduanya.” (HR Bukhari).

Dari hadits tersebut, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalaam telah menerangkan kepada kita bahwa kedudukan penghuni surga yang semasa hidupnya menanggung anak yatim, dapat menjadi tetangga Rasulullah di akhirat kelak.

Hal ini ditegaskan melalui isyarat beliau yang menggambarkan posisi beliau dan penghuni surga yang dulu menyantuni anak yatim di dunia, seperti jari telunjuk dan jari tengah, sangat berdekatan satu sama lain.

Sungguh kemuliaan yang tinggi jika kita, sebagai umat Islam dapat menjadi tetangga Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam di surga kelak.

Tidak hanya itu. Nabi Muhammad juga telah memberi tahu kita, bahwa rumah yang baik di mata Allah adalah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik.

Rasulullah juga telah bersabda:

“Sebaik-baik rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah).

Oleh sebab itu, jika kita ingin dianggap baik oleh Allah, dan mendapat syafaat Rasulullah di hari pembalasan kelak, maka jika ada anak yatim yang kita rawat di rumah kita... kita harus memperlakukannya dengan baik.

Amalan seperti ini lah yang dapat menjadikan kita semakin dicintai Allah dan semakin dekat dengan Rasul-Nya. Sebagai umat Islam, sungguh kehormatan yang besar jika kita bisa menjadi sangat dekat dengan Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalaam, apalagi menjadi tetangga beliau di surga kelak.

Jadi ingatlah, jika ada anak yatim yang tinggal di rumah Anda, atau ada saudara, teman, atau bahkan tetangga Anda yang merawat anak yatim, ingatkanlah mereka untuk memperlakukan anak yatim tersebut dengan baik. Tidak hanya itu, jika Anda ingin mendapatkan pahala yang lebih besar lagi, terlebih lagi pahala yang terus mengalir, maka Anda bisa ikut membantu orang yang menanggung anak yatim tersebut.

Sebagai contoh, menurut ceramah Ustadz Khalid Basalamah, jika ada anak yatim yang tinggal di dekat rumah Anda, maka Anda bisa membantu orang yang merawatnya dengan menanggung sebagian kebutuhannya. Misalkan saja Anda membantu menanggung 25kg beras per bulan untuk anak yatim tersebut. Anda niatkan ini untuk beribadah kepada Allah, namun ibadah ini dilakukan secara konsisten setiap bulan.

Insya Allah, pahala dan keberkahan dari melakukan amal kebaikan ini akan sangat luar biasa besar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyalurkan sedekah untuk anak-anak yatim melalui yayasan yang terpercaya. Anda bisa menyalurkan donasi terbaik untuk anak-anak yatim melalui Rumah Yatim Bahagia.

Yayasan ini sudah banyak menolong anak-anak yatim, dan insya Allah, sedekah Anda melalui yayasan tersebut pasti sampai ke tangan anak-anak yatim yang benar benar membutuhkan bantuan Anda.
Blog Post Lainnya
Rumah Yatim Bahagia Yababerma
Jl. Bali Gg Telerama No. 13 Kel Antasan Besar Kec Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan
0812-5790-5715
Rumahyatimbahagia@gmail.com
Rekening Donasi :
@2022 Lembaga Filantropi Indonesia Inc.