10 April 2022 11:42 am

Melaksanakan Ibadah yang Mudah tapi Pahala Berlimpah Ruah, Mau?

Bayangkan jika Anda bisa melakukan suatu ibadah mudah yang sudah biasa Anda lakukan sehari-hari, tetapi pada bulan Ramadhan, ibadah yang sederhana ini pahalanya semakin banyak. Apa Anda mau bisa mendapat pahala berlimpah dengan mudah? Jika Anda mau, silahkan baca artikel ini.

Pahala dan keberkahan. Kedua hal ini selalu dikejar-kejar oleh semua umat Islam. Dari yang baru mualaf dan baru belajar tentang Islam hingga sekelas Ulama. Semua orang Islam ingin bisa mendapatkan pahala dan keberkahan yang besar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Untuk mendapatkan kedua hal tersebut, semua jenis ibadah pun dilakukan oleh hamba-hamba Allah yang mengharapkan ridho-Nya. Akan tetapi, sebagian besar ibadah yang berpahala besar itu cukup berat untuk dilaksanakan dan memakan waktu serta energi kita.

Tetapi, jika ada satu ibadah sederhana yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, tetapi pahalanya lebih berlimpah ruah dari biasanya, apakah Anda mau melaksanakan ibadah tersebut?

Jika Anda mau, maka Anda harus bersedekah di bulan Ramadhan. Ya, benar. Dengan bersedekah di bulan yang suci ini, Anda bisa mendapatkan pahala yang berlimpah ruah. Pahala yang bisa Anda dapat dari bersedekah di bulan Ramadhan jauh lebih banyak dari biasanya.

Hal ini sesuai dengan Hadits Rasulullah berikut:

“Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim).

Sungguh luar biasa bukan? Semua ibadah, khususnya sedekah mendapatkan limpahan pahala yang berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan bulan-bulan selain Ramadhan. Tetapi, kenapa kita perlu memperhatikan sedekah secara khusus? Bukankah ibadah lain juga di lipat gandakan pahalanya?

Memang benar kalau ibadah-ibadah yang lain juga dilipat gandakan pahalanya, baik yang wajib maupun yang sunnah. Akan tetapi sedekah itu sungguh mempunyai keuntungan yang lebih bagi para pelaksananya.

Sedekah itu sangatlah mudah untuk dilaksanakan. Anda tinggal memberi atau menyalurkan uang donasi kepada orang dhuafa atau yayasan penyalur donasi. Benar-benar mudah dan cepat, bukan?

Di sisi lain, sedekah juga menghapus dosa. Di bulan Ramadhan dosa benar-benar diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tetapi dengan sedekah di bulan Ramadhan, Insya Allah pengampunan dosa yang Anda terima dari Allah akan lebih banyak.

Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah berikut ini:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Rasulullah juga bersabda tentang pengampunan dosa di bulan Ramadhan:

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sudah mendapat pahala yang berlimpah, dapat penghapusan dosa yang besar pula. Sungguh menguntungkan sekali bersedekah di bulan Ramadhan. Belum lagi jika ditambah puasa dan ibadah-ibadah lainnya. Ramadhan memang bulan yang penuh cinta dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Terlebih lagi di zaman sekarang ini, kita bisa transfer sedekah secara online asalkan ada jaringan internet dan dana yang mencukupi. Dengan menggunakan ponsel pintar atau komputer Anda, maka Anda sudah bisa sedekah untuk membantu orang-orang miskin dan mendulang pahala berlimpah di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini.

Tentu saja di bulan Ramadhan ini kesempatan bersedekah pun lebih besar. Banyak sekali orang-orang miskin yang menantikan kedermawanan orang-orang yang mampu bersedekah untuk menolong mereka dan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidak hanya itu, banyak juga organisasi dan tokoh masyarakat yang menggencarkan gerakan sedekah di bulan Ramadhan. Dengan begitu banyak jalur sedekah yang dibuka di bulan yang suci ini, insya Allah, Anda dapat menyalurkan sedekah Anda ke orang-orang yang layak mendapatkannya dengan mudah dan cepat.

Tetapi kalau Anda belum tahu mau menyalurkan sedekah Ramadhan Anda lewat mana, Anda tidak perlu khawatir. Kami menyarankan Anda untuk bersedekah Ramadhan melalui Rumah Yatim Bahagia. Yayasan ini sudah banyak membantu anak-anak yatim, kaum dhuafa, dan para penghafal Al-Qur’an di pelosok Kalimantan. Insya Allah sedekah Anda akan sampai kepada mereka melalui Rumah Yatim Bahagia.
Blog Post Lainnya
Rumah Yatim Bahagia Yababerma
Jl. Bali Gg Telerama No. 13 Kel Antasan Besar Kec Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan
0812-5790-5715
Rumahyatimbahagia@gmail.com
Rekening Donasi :
@2024 Lembaga Filantropi Indonesia Inc.