27 April 2022 8:15 pm

Menyucikan Diri di Bulan Ramadhan Ternyata Caranya Mudah dan Simple, Mau Tahu Caranya?

Apakah Anda merasa sedih dan menyesal karena sudah terlanjut berbuat dosa di bulan Ramadhan yang seharusnya diisi ibadah? Apakah Anda hati Anda merasa tidak tenang karena dosa-dosa yang telah Anda perbuat di bulan Ramadhan ini? Jika iya, maka Anda harus baca artikel ini.

Beribadah dengan giat di bulan Ramadhan merupakan hal yang sangat kita perlukan. Pahala yang Allah lipat gandakan di bulan Ramadhan ini akan sangat membantu kita mendapatkan keselamatan di akhirat kelak, dan juga kemudahan serta keberkahan di dunia ini.

Akan tetapi, meskipun manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna, perbuatan kita sebagai manusia yang memiliki kehendak bebas terkadang jauh dari kata sempurna. Terkadang kita berbuat maksiat dan dosa baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Yang lebih menyedihkan lagi, kalau sampai kita masih terpengaruh hawa nafsu untuk bermaksiat di bulan Ramadhan, yang seharusnya diisi dengan berbagai macam ibadah kepada Allah dan bukannya diisi dengan maksiat.

Tentu saja, bagi orang-orang Islam yang masih berusaha bertobat dan menhilangkan kebiasaan buruk mereka, mungkin terkadang mereka masih tergoda hawa nafsu untuk bermaksiat di bulan Ramadhan. Hal ini bisa menjadikan orang-orang seperti itu merasa sedih dan tidak tenang.

Akan tetapi, Insya Allah itu adalah tanda bahwa Iman seorang hamba Allah sedang memberontak melawan hawa nafsu dan ingin kembali bertobat kepada Allah untuk menyucikan jiwa dan hati.

Jadi Anda jangan merasa sedih apalagi berputus asa di jalan Allah, karena sesungguhnya Allah adalah Dzat yang Maha Pengampun. Tidak hanya itu, bahkan di bulan Ramadhan ini Allah menyediakan suatu ibadah bagi kita untuk meraih ampunan-Nya dan agar kita disucikan oleh-Nya. Ibadah tersebut adalah membayar zakat fitrah.

Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur’an berikut ini:

"Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. At-Taubah : 103).

Dengan meyakini ayat Al-Qur’an diatas, kita bisa memahami bahwa dengan membayar zakat, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita dan menjadikan kita suci di hari raya Idul Fitri.

Hal ini sangat penting sekali karena sebagai manusia, kita pasti membuat dosa dari waktu ke waktu. Untuk itu kita harus bersyukur karena Allah yang Maha Pengampun telah memudahkan bagi kita untuk meraih ampunannya, supaya kita terhindar dari musibah di dunia, dan terselamatkan dari azab di alam kubur dan akhirat.

Jika Anda belum tahu harus membayar zakat dengan apa dan berapa jumlah yang harus dibayarkan, Anda tidak usah khawatir. Anda hanya perlu merujuk ke hadits Rasulullah yang satu ini:

”Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho' kurma atau satu sho' gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat 'ied.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadits tersebut kita bisa memahami bahwa zakat fitrah bisa dibayar dengan makanan pokok seperti gandum dan makanan yang menghasilkan banyak energi seperti kurma. Akan tetapi jika hitungan sho’ di hadits tersebut membingungkan Anda, wajar-wajar saja karena itu adalah perhitungan pembayaran zakat dari zaman dahulu.

Sedangkan untuk zaman modern ini, jumlah tersebut telah dikonversikan ke Rupiah oleh Baznas. Cukup dengan membayar 45.000 rupiah per orang, maka Anda sudah bisa membayar zakat fitrah untuk Anda dan keluarga Anda.

Insya Allah jumlah uang tersebut setara dengan perhitungan yang Rasulullah perintahkan untuk membayar zakat fitrah. Dengan mengacu pada perhitungan yang didasarkan cara Rasulullah memperhitungkan biaya zakat fitrah tersebut, insya Allah biaya tersebut tidak akan memberatkan bagi pembayar zakat fitrah dan akan berasa manfaatnya bagi para penerimanya.

Tetapi jika Anda tidak tahu harus membayar zakat fitrah kemana, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda hanya perlu membayar zakat fitrah melalui Rumah Yatim Bahagia.

Insya Allah, dengan menyalurkan zakat fitrah melalui yayasan ini, zakat fitrah Anda akan tersampaikan kepada orang-orang dhuafa dan anak-anak yatim, khususnya mereka yang berada di pelosok Kalimantan.
Blog Post Lainnya
Rumah Yatim Bahagia Yababerma
Jl. Bali Gg Telerama No. 13 Kel Antasan Besar Kec Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan
0812-5790-5715
Rumahyatimbahagia@gmail.com
Rekening Donasi :
@2022 Lembaga Filantropi Indonesia Inc.